Kamis, 20 Maret 2014


BAB I
PENDAHULUAN



A.    LATAR BELAKANG MASALAH
Psikolog perkembangan merupakan faktor penting yang menunjukan perkembangan atau pertumbuhan sikap hidup manusia.Dalam hal ini psikolog perkembangan berperan sebagai sikap hidup manusia untuk beradaptasi dengan lingkungan. Lingkungn yang  dimaksud yaitu keluarga, masyarakat serta alam. Faktor – faktor tersebut menunjang kelangsungan hidup manusia.Hal tersebut saling bergantung pada psikolog perkembangan untuk menumbuhkan sikap yang baik terhadp adaptasi lingkungan.
Dalam psikologi perkembangan juga menafsirkan tugas – tugas perkembangan pada usia menengah. Tugas perkembangan merupakan suatu tugas yang muncul pada periode tertentu dalam rentang kehidupan individu, yang berhasil atau tidaknya sangat berperan terhadap kehidupan individu. Tugas – tugas ini di pengaruhi oleh faktor  fisik, kulturan, cita – cita hidup, dan norma agama.
Permasalahan bagi manusia akan semakin kompleks ketika menginjak usia menengah atau usia remaja. Permasalahan bagi peserta didik usia sekolah menengah timbul baik dan internal maupun eksternal. Keinginan tahuan padamusia sekolah menengah sangatlah besar karena pada masa itu mereka masih mencari jati diri dan figure yang di idolakan oleh mereka. Bagi seorang pendidik haruslah tahu keadaan peserta didiknya dan harus bias mengarahkan pada hal – hal yang positif, sehingga bias terarahkan pada hal – hal yang positif.



B.     RUMUSAN MASALAH
1.      Apa yang dimaksud dengan peserta didik usia menengah ?
2.      Apa saja faktor – faktor muncul tugas perkembangan ?
3.      Bagaimana tugas perkembangan pada usia menengah ?



C.     TUJUAN MASALAH
1.      Merngetahui konsep-konsep peserta didik usia menengah
2.      Mengetahui faktor-faktor munculnya tugas perkembangan
3.      Mengetahui tugas-tugas perkembangan pada usia menengah







BAB II
PEMBAHASAN


A.    Pengertian Peserta Didik Usia Sekolah Menengah
Penggunaan istilah peserta didik usia sekolah menengah tidak jauh beda dengan istilah remaja, untuk menghindari kesimpangsiuran dan sekolah pahaman istilah peserta didik usia sekolah menengah atau remaja. Istilah asing yang digunakan dalam istilah peserta didik usia sekolah menengah atau remaja antara lain :
1.      Pubertas yaitu usia kedewasaan atau masa pertumbuhan rambut di daerah tulang
2.      Adolestensia yaitu masa muda usia antara 12 – 22 tahun
3.      Yaouth Remaja sanagt sulit diartikan secara mutlak
Pengertian remaja munurut pandangan para ahli :
1.      Remaja meurut Hukum Dalam UU perkawinan no. 1 / 1974 pasal 7, Menjelaskan usia minimal untuk suatu perkawinan 16 tahun untuk wanita dan 19 tahun                                        bagi pria, walaupun undang – undang tidak menyebutkan anak yang berusia diatas yang   disebutkan tadi bukan anak – anak lagi dan juga tidak bisa dianggap sebagai orang dewasa penuh karena karena dalam usia tersebut mereka masih dianjurkan meminta izin dulu pada orang tua mereka.
2.      Remaja ditinjau dari perkembangan fisik, dalam alat-alat kelamin munusia mencapai kematangan.
3.      Batas Remaja menurut WHO,kembang remaja adalah suatu masa pertumbuhan dan perkembangan dimana :
a.       Indivudu berkembangan disaat pertama kali ia menunjukkan tanda-tanda seksual sekundernya saat ia mencapai kematangan seksual.
b.      Individu mengalami perkembangan psikologi dan pola indentifikasi dari kanak – kanak menjadi dewasa
c.       Terjadi peralihan dari ketergantungan social ekonomi yang penuh kepada keadaan yang relative lebih mandiri.


B.     Faktor – Faktor Yang  Mempengaruhi Munculnya Tugas Perkembangan.
           Munculnya tugas-tugas perkembangan, bersumber dari faktor-faktor sebagai berikut:
1.      Kematangan fisik
Misalnya :
a.       Belajar berjalan karena kematangan otot-otot kaki.
b.      Belajar  bertingkah laku, bergaul dengan jenis kelamin yang berbeda pada masa remaja karena ke matangan organ – organ seksual
2.      Tuntutan masyarakat secara kultur ;
a.       Belajar membaca
b.      Belajar menulis
c.       Belajar berhitung
d.      Belajar berorganisasi


3.      Tuntunan dari dorongan dan cita – cita individu sendiri
a.       Memilih pekerjaan
b.      Memilih teman hidup
4.      Tuntunan norma agama
a.       Taat beribadah kepada Allah S.W.T
b.      Berbuat baik kepada sesama  manusia


C.     Tugas – tugas Pada Usia Menengah dan Remaja
C.1. Tugas – tugas perkembangan usia menengah atau sekolah
Masa sekolah merupakan masa yang penting bagi manusia.Terutama menyangkut pembentukan mental dan sosialnya. Tugas – tugas perkembangan pada masa ini ialah :
a.       Belajar memperoleh ketrampilan fisik untuk melakukan permainan
Melalui perubahan fisik dan otak anak belajar dan belari semakin stabil, makin mantap dan cepat.Pada masa sekolah anak sudah sampai pada taraf penguasaan otot, sehingga sudah dapat berbaris, senampagi, dan permainan – permainan ringan
b.      Membentuk sikap – sikap sehat terhadap dirinya demi kepentingan organismenya yang sedang tumbuh
Hakikatnya ialah mengembangkan sikap positif terhadapjenis kelaminnya dan juga menerima dirinya.

C.2. Tugas perkembangan masa remaja.
Menurut Hurlock Daham Mappiare (1992) :
a.       Mampu menerima keadaan fisiknya
Pada periode remaja, anak tumbuh demikian cepat mengarah pada bentuk orang dewasa, yang di barengi oleh perkembangan sikap dan citra diri.
b.      Mampu menerima dan memahami peran seks usia dewasa
Dalam masa remaja diharapkan mereka menerima keadaan diri sebagai pria atau wanita dengan sifat dan tanggung jawab kaumnya masing – masing
c.       Mampu membina hubungan baik dengan anggota kelompok yang berlainan jenis
d.      Mencapai kemandirian soisal
Tugas perkembangan yang diharapkan bagi remaja adalah bebas dari ketergntungan social.
e.       Mencapai kemandirian ekonomi
f.       Mengembangkan konsep dan keterampilan intelektual yang sangat diperlukan untuk melakukan peran sebagai anggota masyarakat
g.      Memahami dan menginternalisasi nilai – nilai orang dewasa dan orang tua.
h.      Mengembangkan prilaku tanggung jawab sosial yang diperlukan untuk memasuki dunia dewasa.
i.        Mempersiapkan diri untuk memasuki perkawinan.
j.        Memahami dan mempersiapkan tanggung jawab kehidupan keluarga.



BAB III
PENUTUP



A.     SIMPULAN
            Tugas perkembangan merupakan suatu tugas yang muncul pada periode tertentu dalam rentang kehidupan individu, yang berhasil atau tidaknya sangat berperan terhadap kehidupan individu. Tugas-tugas ini dipengaruhi oleh faktor fisik, kultural, cita-cita hidup, dan norma agama.
 Tugas-tugas perkembangan anak mulai bayi hingga usia sekolah adalah cenderung kepada proses pembelajaran awal tentang tata cara dasar berperilaku dan bermasyarakat. Sedangkan pada masa remaja, cenderung terjadi pencarian jati diri individu dan proses-proses pendewasaan baik fisik maupun psikis.
Pada masa dewasa awal dan setengah baya, individu mulai mencapai kematangan dalam berpikir dan berperilaku.Di masa ini, tanggung jawab seorang individu sangat diimplementasikan, terutama mengenai kehidupan berumah tangga. Sedangkan saat mencapai usia tua, individu banyak mengalami degradasi, terutama secara fisik. Kemampuan umum dan kesehatan umumnya menjadi menurun.



B.      SARAN
Saran Kondisi peserta didik sangat labil, yang memerlukan bimbingan orang yang lebih dewasa dan petunjuk mereka atas masalah-masalah yang belum bisa mereka pecahkan, perubahan kondisi peserta didik pada usia sekolah menengah ini banyak disebabkan oleh hal-hal yang bersifat cultural. Problematika remaja secara garis besar terdapat dua faktor yaitu faktor intern (dari dalam diri remaja itu sendiri) dan faktor ekstern (dari luar diri).Yang sangat menonjol dari problematika remaja adalah yang berhubungan kultural dan psikososial. Untuk itu perlu adanya perhatian orang lain juga sangat membantu mereka untuk memecahkan masalah yang menimpa.
















DAFTAR PUSTAKA

Ali, Mohammad., Asrori, M. 2008. Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara
Mappiare, Andi. Drs. 1992.Psikologi Remaja. Surabaya: Usaha Nasional
Yusuf, H. Syamsu. Dr. M.Pd. 1992. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. 
Anonim.2008. Peserta didik.http://massofa.wordpress.com/2008/04/25/hakikat-pertumbuhan-dan-perkembangan-peserta-didik-bag-2/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar